Tuesday, 5 January 2010

Persahabatan Bagai Kedondong



Dalam beberapa buku seperti Refrain dan Titik Temu Tiga Hati, sering menceritakan unik dan menariknya tentang sebuah persahabatan.

Gak cuma dalam buku saja lho Black Community? Dalam sinetron Diary Angel-pun juga menceritakan kisah yang sama tentang sebuah makna persahabatan. Dalam sebuah persahabatan tak hanya mengandung makna sebuah pertemanan rasa yang erat, tapi mengendap sebuah persaingan diam-diam yang terjadi tanpa sadar atau sadar dari sebuah persahabatan.

Tak dapat dipungkiri, bahwa sahabat, selain sebagai teman curhat terbaik, teman setia, teman jalan yang mengasyikkan, Sahabat adalah pesaing utama. Dalam setiap persahabatan selalu akan selalu ada konflik yang muncul. Konflik yang muncul itu biasanya dipicu oleh sebuah persaingan diam-diam yang terjadi diantara sahabat.

Salah satu kasus (dan ini paling sering terjadi) adalah ketika 2 sahabat menyukai cowo yang sama atau menyukai cewe yang sama. Mereka akan berusaha merebut simpati dari cowo atau cewe tersebut dengan cara apapun. Tak jarang, persahabatan jadi dingin atau hancur “hanya” karena persoalan cinta.

Padahal mereka sebelumnya sudah berikrar bahwa tak ada satupun ada yang mampu menghancurkan persahabatan. Seperti Djarum Black, yang setia menemani hari-hari layaknya seorang sahabat.

Tak jarang sahabat “menusuk” dari belakang dengan mengkhianati pacaran diam-diam di belakang tanpa mengaku. Pintar bersandiwara dan menyembunyikan semua pengkhianatan yang didasari atas nama cinta. Cinta emang gak salah sih, semua bisa jadi benar manakala perasaan cinta mengalahkan logika.

Mengapa ya, hal kaya gitu lebih sering terjadi?

Sebenarnya itu manusiawi dan wajar kok karena kita bisa berteman dan bersahabat biasanya didasari atas persamaan kepentingan, hobby, selera, kesukaan dan prilaku kita. Meski kelihatan dari luar dua orang individu lain sifatnya tapi sebenernya mereka ada salah satu pemikiran yang cocok, yang sreg yang membuat mereka bertahan dalam suatu ikatan persahabatan.

Namun, kita kadang lupa, persamaan kepentingan dan selera itulah yang membawa 2 atau lebih orang sahabat secara tidak langsung juga mempunyai stereotype yang sama dalam memandang orang yang disukainya.

Sehingga, pada saat salah satu sahabat jatuh cinta kepada seseorang, yakin deh, 90 % sahabatnya pada saat yang sama dalam hati juga akan berkata, “ lho, kok selera kita sama ya? Aku juga suka lho dengan type-type orang kaya gitu.”

Meski sering terjadi hal-hal seperti itu, namun tak semua sahabat berpotensi untuk menjadi pengkhianat. Karena meski ia suka dengan type seseorang yang sama, ada sahabat yang mampu meredam emosi dan memilih untuk menjauh dan mencari seseorang yang lain diluar orang yang disukai sahabatnya. Ia memilih untuk selalu mendukung dan membantu sahabatnya untuk mencapai apa yang diinginkan.

Dunia tak selebar daun kelor, begitu banyak cewe dan cowo yang berseliweran di jagat raya ini. Yang mempunyai stereotype yang sama, lengkap dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Jadi gak ada alasan kan untuk mengkhianati sebuah persahabatan hanya demi merebut perhatian pacar atau gebetan sahabatnya?



10 comments on "Persahabatan Bagai Kedondong"

JHONI on 5 January 2010 at 14:11 said...

saya selalu ingat pesan seseorang ke saya bahwa......."teman adalah mereka yang tetap disini saat seluruh dunia berpaling dari kita"

dan memang itu makna sahabat untuk saya!!!!

Munir Ardi on 5 January 2010 at 15:04 said...

:m: saya pernah ngalamin yang seperti ini neng ditusuk dari belakang digunting dalam lipatan dimakan oleh pagar apa lagi ya istilahnya pokoknya kejam banget

Clara on 5 January 2010 at 20:17 said...

untung sejauh ini aku ga pernah suka sama satu cowok sama sahabatku sendiri...

kesehaRian Ra-Kun on 6 January 2010 at 04:17 said...

mengamankan kapling dulu...
bacnya ntar ajah :c:

anyin on 6 January 2010 at 13:47 said...

he em sama kayak mbak claraa.. untungnya... tapi banyak bgt ya masalah persahabatan yg diangkat jadi tontonan

Cermin Community on 6 January 2010 at 20:52 said...

persahabatan itu benda yang absurd.

salam hangat.

reni on 7 January 2010 at 22:48 said...

Sahabat sejati adalah yang mampu menerima kita apa adanya dan selalu siap kapan pun kita membutuhkannya.
Masalahnya... menemukan sahabat sejati tak semudah membalikkan telapak tangan.

ciwir on 11 January 2010 at 21:01 said...

wah jika persahabatan bagai kedondong bahaya mbak.
diluar halus hatinya jahat... :z:

bang ciwir on 11 January 2010 at 21:02 said...

emoticonnya menarik
komen lagi ahhh

"g"

:z:

:q:

si roel on 20 March 2010 at 20:39 said...

persahabatan...hal terindah yg prnh aq temui semasa hidupku...srius!!!
mungkin krn aq tidak pandai menjalin hubungan kasih kali ya...hehe...

Post a Comment

Thank for dropping comment here
Please do not make spam comments
Because spam comments will be removed

Blog Archive

 

Beauty Case Copyright 2009 Fashionholic Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting