Thursday, 28 October 2010

Bencana Merapi dan Mbah Marijan, Jangan Lupakan Wasior dan Mentawai


Bencana Merapi dan Mbah Marijan, Jangan Lupakan Wasior dan Mentawai
Indonesia Berduka. Akhir-akhir ini negeri kita banyak di timpa bencana. Mulai dari banjir di Jakarta, tanah longsor, bencana Wasior dan kini Tsunami di Mentawai serta Meletusnya gunung Merapi.

Di berbagai media, baik media online, surat kabar, radio dan televisi mayoritas pemberitaan adalah tentang bencana alam di gunung Merapi. Serta tak ketinggalan berita Meninggalnya sang Juru Kunci, Mbah Marijan.

Pemberitaan tak terbatas bagaimana tentang penyediaan tempat pengungsian yang layak, penyediaan bahan makanan, fasilitas MCK maupun status si gunung Merapi itu sendiri yang kian garang itu namun juga penelusuran jejak kematian Mbah Marijan, bagaimana meninggalnya, penyidikan apa benar itu mbah Marijan atau bukan, sampai pendapat artis tentang meninggalnya Mbah Marijan.

Bukan bermaksud mengecilkan bencana Meletusnya Gunung Merapi. Sebagai sesama manusia saya juga turut prihatin dengan bencana yang banyak menewaskan penduduk. Yang rata-rata tewasnya justru di sebabkan karena mereka enggan di evakuasi atau mereka merasa tidak perlu d evakuasi. Begitu gencarnya pemberitaan di Media Massa, membuat kita sejenak lupa dengan Bencana alam lainnya yang juga perlu penanganan yang serius dan perlu uluran tangan kita.

Bencana Banjir di Wasior yang hingga sekarang belum tertuntaskan, padahal korbannya lebih dari 100 orang tewas dan ratusan orang dinyatakan hilang. Yang tak kalah mirisnya, saat ini terjadi bencana Tsunami yang telah menewaskan lebih dari 150 jiwa dan lebih dari 500 orang dinyatakan hilang.

Berita Gunung Merapi seolah-olah menyita perhatian media dan publik sehingga pemberitaan tentang bencana lainnya sedikit terabaikan dan tidak berimbang. Padahal saudara-saudara kita di sana keadaannya juga jauh lebih memprihatinkan.

Apa karena memang Berita Gunung Merapi lebih gampang di di dapat dan tempatnya lebih cepat diakses ketimbang daerah-daerah bencana lainnya ya?

Ya, semoga saja meski kurang adanya pemberitaan yang seimbang di media-media, kita berharap agar semua tak melupakan untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah banjir Wasior dan Tsunami di Mentawai.

4 comments on "Bencana Merapi dan Mbah Marijan, Jangan Lupakan Wasior dan Mentawai"

Meutia Halida Khairani on 28 October 2010 at 04:40 said...

utk mengikuti berita ini sih saya seimbang.. baca mentawai, merapi, sama banjir jakarta. kalo wasior karena udah agak lama jadinya agak nggak hot lagi walaupun korban disana masih harus terus diperhatikan.

Masbro on 28 October 2010 at 10:47 said...

Saya kok sepemikiran dengan artikel ini. Secara garis besar, orang (lembaga) cenderung mengirimkan bantuan pada tempat2 yg paling banyak disorot media. Semoga saja pemberitaan yg nggak merata (populernya) ini nggak berlangsung lama..

Desfirawita on 28 October 2010 at 11:32 said...

yup. sebagai warga sumatera barat yg berdekatan dgn kepulauan mentawai, sempat juga merasa kecewa dengan kurangnya perhatian media pada bencana yg terjadi di mentawai. padahal bukan untuk popularitas atau semacamnya tp masih banyak masyarakat yg kurang mendapat informasi mengenai ini. bahkan kalo boleh dibilang keterlaluan, masih bnyk masyarakat sekitar yg blm tahu bahwa telah terjadi Tsunami di mentawai. Padahal korbannya sudah mencapai puluhan orang.
Mungkin benar, akses ke tempat itu lumayan sulit dijangkau makanya Bencana tersebut seolah terabaikan.
Tapi, mudah2an media dan pemerintah bisa memperhatikan sehingga uluran tangan untuk masyarakat yg ada disana bisa cepat sampai...

iin Nur'Aini emerald Thahir on 2 November 2010 at 09:50 said...

yah...kita sedang dicoba...

Post a Comment

Thank for dropping comment here
Please do not make spam comments
Because spam comments will be removed

Blog Archive

 

Beauty Case Copyright 2009 Fashionholic Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting