Sunday, 20 December 2009

Tidak Sulit Untuk Menjadi Pahlawan



Dalam pelajaran PKN atau Sejarah di sekolah, definisi dari kata Pahlawan adalah seseorang yang berjuang demi membela kemerdekaan Indonesia, mereka berperang dan mengangkat senjata demi membela kedaulatan bangsa.

Definisi kata Pahlawan kemudian berkembang di masyarakat menjadi kata Pahlawan Tanda Jasa atau kata lain dari Guru, Pahlawan kesiangan atau seseorang yang sok menolong tapi tidak pada tempatnya dan lain-lain.

Kata Pahlawan, menurut saya sendiri : adalah seseorang yang memperjuangkan sesuatu demi kebaikan dan kepentingan orang lain. Tak perlu tindakan heroic yang membahayakan jiwa, atau patriotism yang menyala-nyala, setiap orang bisa menjadi pahlawan. Untuk menjadi seorang pahlawan, cukup dimulai dengan hal-hal kecil tentang kepedulian lingkungan sekitar.

Seperti tadi pagi, ketika saya melihat seorang polisi menolong menyeberangkan anak-anak sekolah, sopir angkot membantu menaikkan di atas kepala bawaan berat seorang ibu-ibu di pasar atau seorang anak membantu ibunya berjualan di pasar, seorang penjual Rokok Djarum Black Menthol menawarkan barang dagangannya kepada pembeli.

Memang, tindakan tersebut kadang didasarkan atas kepentingan profesi, namun menjalankan profesi dengan ikhlas dan sebaik mungkin itu berarti sudah berjuang demi kepentingan keluarganya. Ketika kemudian seseorang berjuang untuk memperoleh sesuatu yang lebih untuk menghidupi keluarganya ia sudah menjadi Pahlawan di mata keluarganya.

Kadang adakalanya seseorang menjadi khilaf dan lupa, ketika ia memilih menjadi pecundang daripada menjadi seorang Pahlawan, meski ia sadar bahwa yang dilakukannya adalah salah, meski ia tahu bahwa tidak sulit untuk mengubah sedikit saja perilakunya agar ia mendapat sebutan “Pahlawan” bagi keluarganya.

Ketika seorang suami melakukan KDRT terhadap istrinya, menggunakan uangnya untuk berjudi dan berfoya-foya, mencari rejeki yang tidak halal untuk menafkahi keluarga (biasanya sih hasilnya bukan untuk menafkahi keluarga), melakukan korupsi, melakukan pungli dan melakukan kecurangan dalam melakukan pekerjaannya.

Rasanya tidak sulit untuk menjadi pahlawan, asalkan ada kemauan. Tidak sulit untuk mengubah sesuatu yang minor menjadi tindakan yang heroic untuk mendapatkan kebanggaan bagi diri sendiri dan penghargaan lingkungan sekitar jika masih ada tekat dan keyakinan.

Hidup ini indah, namun penuh dengan berbagai pilihan. Saya yakin, sebagai Black Community, kita akan berusaha memilih jadi yang terbaik.

Kita akan selalu dihadapkan pada suatu pilihan mau menjadi Pahlawan atau pecundang, itu semua tergantung dari perilaku kita, bagaimana menyikapi setiap peristiwa dengan bijak.






Gambar diambil dari : http://akhmadguntar.com





18 comments on "Tidak Sulit Untuk Menjadi Pahlawan"

Itik Bali on 20 December 2009 at 04:24 said...

:c:

Clara on 20 December 2009 at 10:18 said...

jadi pahlawan susah, Yu
kalo jadi pahlawan kesiangan keknya lebih gampang

Visit me on 20 December 2009 at 11:51 said...

Kalo pahlawan ngeblog sdh ada blm ya sob, hehehe...

Fajar on 20 December 2009 at 12:34 said...

so..sekarang mau pahlawan yang bagaimana nih..

anindyarahadi on 20 December 2009 at 22:52 said...

bukain pintu buat temen juga pahlawan ;) berbuat baik ke orang lain juga pahlawan... emotenya adek baru lagi.. lucuuuuuu :t:

Munir Ardi on 20 December 2009 at 23:03 said...

jadi looser mudah-mudahan tidak auh

Fanda on 21 December 2009 at 09:53 said...

Betul Yu! jadi pahlawan tak perlu hrs memperjuangkan sesuatu buat negara (kelamaan nunggunya). Saat kita berbuat sesuatu buat keluarga ato teman dgn ikhlas demi mereka, itu udah tindakan pahlawan kok.

Lina on 21 December 2009 at 21:03 said...

bener ternyata, yang ini lebih serius. ayo ayu..kita menjadi pahlawan untuk orang-orang di sekitar kita....

eka wijayanti on 21 December 2009 at 22:47 said...

Ayu benar. Setidaknya, menjadi pahlawan untuk orang terdekat.

Ssst, boleh..., Ayu. Gunakan menu edit pada browsermu ya.

Salam kenal kembali :)

Qie on 22 December 2009 at 12:11 said...

betul... menjadi org baek dan meninggal semua hal2 yg minus itu harus di lakukan setiap org :D

Rumah Ide dan Cerita on 23 December 2009 at 00:30 said...

Saya setuju kita semua bisa jadi pahlawah dengan cara masing-masing.

Festival Museum Nusantara on 23 December 2009 at 16:08 said...

Emang gak sulit jadi pahlawan.... Kesiangan :z:
*Festival Museum Nusantara*

nowGoogle.com adalah Multiple Search Engine Popular on 3 February 2010 at 15:27 said...

Banyak cara kok untuk menjadi seorang pahlawan

Astaga.com lifestyle on the net on 3 February 2010 at 15:28 said...

Yups saya setuju dengan anda bos! :z:

L3rry on 3 February 2010 at 15:30 said...

Segala sesuatu yang bisa berguna untuk orang lain yang pastinya!

Seo bagi blogger Ajib adalah lifestyle on 11 February 2010 at 16:42 said...

Salam kenal sebelumnya blog anda bagus isinya dan bermanfaat bagi saya, jika ada waktu mainya ke blog saya dan tinggalkam komentar OK. Terimakasih

Astaga.com lifestyle on the net on 18 February 2010 at 05:33 said...

jadi pahlawan ga smudah yg di bayangkan lho

NegeriAds.com Solusi Berpromosi on 21 March 2010 at 10:44 said...

Salam kenal sebelumnya, sungguh blog yang menarik.. Jika ada waktu berkunjung ya teman. Salam

Post a Comment

Thank for dropping comment here
Please do not make spam comments
Because spam comments will be removed

Blog Archive

 

Beauty Case Copyright 2009 Fashionholic Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting