Sunday, 29 November 2009

Bangga Terhadap Produk Indonesia



Kita sudah pada tahu, kalau Cihampelas Bandung merupakan pusat penjualan Jeans murah, berbagai macam merk Jeans ditawarkan disana dengan harga yang sangat miring. Begitu juga di Cibaduyut, pusat pengrajin tas dan sepatu murah. Di Sidoarjo, daerah Tanggulangin merupakan sentra produksi tas dan koper terkenal dalam negeri, yang kualitas produknya tak kalah bagusnya dengan produk import.

Tapi patut disayangkan bahwa produk-produk itu jarang yang menggunakan merk Indonesia asli, Jeans produk Cihampelas lebih banyak atau bahkan semuanya, menggunakan merk aspal Levis, Lee Cooper, Lea daripada menggunakan merk Sumarna, Sriyati atau Indonesia Bangkit. Demikian juga tas produksi Cibaduyut maupun Tanggulangin, mereka lebih suka menggunakan merk D&G, Luois Vitton, Yves Saint Laurent ketimbang Widya, Bunga ataupun Kasih.

Kenapa mereka lebih suka memasang Brand asing ketimbang Merek diri sendiri?

Alasannya simple : Pembelinya lebih suka merek luar negeri sih !”. Lagian kan tinggal beli ‘peneng’ simbol logo merek terkenal tadi dengan harga tidak seberapa tapi memberi nilai jual jauh lebih tinggi.

Kita sendiri sebagai konsumen juga tampaknya lebih bangga menggunakan merk Luar Negeri, ketimbang merek dalam negeri. Walaupun aspal gak masalah, yang penting mereknya sama seperti yang dijual di butik atau di mall-mall ternama yang khusus menjual barang import. Permintaan konsumen yang seperti itulah, yang akhirnya membuat produsen kita juga mengikuti selera pasar.

Kalau kita mau bercermin, sebenarnya produk Dalam Negeri sendiri tak kalah kualitasnya dengan Produk asing, hal ini sudah dibuktikan oleh rokok Djarum Black yang diproduksi oleh PT. Djarum Indonesia Tbk.

Walaupun menggunakan Branding “Djarum” yang nota bene adalah bahasa Indonesia asli mereka mampu menembus persaingan ketat dengan Industri Cigarette Luar Negeri. Apalagi saat ini Djarum Black telah mengembangkan salah satu produknya yaitu Djarum Black Slimz, yang merupakan pemegang rekor rokok hitam terkecil di dunia.




Ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa, pemerintah harusnya ikut bertanggung jawab dengan keadaan seperti ini. Membuat image brand Indonesia seolah-olah kualitasnya berada jauh di bawah kualitas produk asing, karena dalam setiap pameran kerajinan, bazaar ataupun pasar murah, panitia penyelenggara yang didukung oleh instansi pemerintah, tak berusaha ‘menyadarkan’ peserta pameran.

Pemerintah mungkin punya andil dalam hal ini, namun sebenarnya yang lebih berperan penting dalam membudayakan bangga dan cinta dengan produk dalam negeri adalah kita sendiri sebagai konsumen.



18 comments on "Bangga Terhadap Produk Indonesia"

Munir Ardi on 29 November 2009 at 12:07 said...

Saya jadi inget Film Jadul di TVRI ACI (Aku Cinta Indonesia) film-film bertema ini aja sudah kurang disamping serbuan barang, serta info dari luar, tinggal bagaimana kita membudayakan cinta buatan negeri sendiri dan ditularkan pada keluarga dan sahabat kita

Black on 29 November 2009 at 12:48 said...

i am quit on this

Sahabat Blogger on 29 November 2009 at 13:11 said...

kelihatannya memang begitu, para produsen hanya mengikuti selera pasar. Menjadi tanggung jawab kita bersama untuk, minimal dari diri kita dulu untuk bisa mencintai produk dalam negeri. Perannya pemerintah menurut saya adalah mulai membatasi produk2 import yang masuk ke indonesia. Saya sangat setuju dengan obrolan di metro tv beberapa waktu lalu. Bahwa indonesia harus berani meng embargo dirinya sendiri..dalam arti, menghentikan kegiatan ekspor dan impor barang. Kenapa Indonesia harus mengurangi kegiatan ekspor juga?. Karena kebanyakan Indonesia meng ekspor barang mentah ke luar negeri, setelah di olah oleh negara diluar sana..masuk lagi ke dalam negeri dengan bentuk sudah jadi dan tentunya dengan harga yang sudah mahal. Bisa jadi, jeans Live's, Lee Cooper, atau Lea bahan baku nya dari belakang rumah kita..hehe

sahabat blogger on 29 November 2009 at 17:25 said...

sebelll...tadi saya sudah nulis panjang buat ngomentarin postingan ini..eh tiba2 koneksi ilang pas mau di submit...hehe..nulis apa ya sekarang, jadi lupa

btw, benar juga memang. Para produsen hanya mengikuti permintaan pasar aja. Yang harus sadar itu adalah kita - kita ini, jadi musti dimulai dari diri sendiri dulu untuk pakai / bangga pada produk sendiri. Jangan sok kebarat2an deh..bisa jadi juga yang merk2 terkenal di luar sana itu juga bahannya dari negara kita. bahkan bisa jadi bahannya dari belakang rumah kita..hehe. Peran pemerintah adalah harus mulai berani untuk mengurangi produk impor yang masuk ke indonesia. Dan mengurangi aktifitas ekspor bahan mentah ke luar negeri..nanti buntut2nya juga barang jadinya masuk ke indonesia dengan harga yang super mahal..makin ga maju2 neh indonesia...

Clara on 30 November 2009 at 02:04 said...

bener ya kita harusnya lebih menghargai produk lokal, kapan ya indo bisa kayak jepang? yang sangat menghargai lokalnya
apa perlu indonesia pake sistem politik menutup diri? Xp

Ivan Kavalera on 30 November 2009 at 02:06 said...

wah, jadi teringat nih sewaktu aku ke Cihampelas dulu. Kangen banget.

Ivan Kavalera on 30 November 2009 at 02:07 said...

Kita harus banga dengan produk bangsa sendiri.

aaSlamDunk on 30 November 2009 at 08:53 said...

bangga aku hehehe tapi slam gak ngerokok tik hehehe
hehehe kalo mau nonton buat bangga kita indonesia bisa liat tuh tik SI BOLANG (bocah ilang) hehehe di T***7
sip dah

Itik Bali on 30 November 2009 at 14:09 said...

:h:

vie_three on 30 November 2009 at 16:26 said...

ya sekarang aq juga udah mulai ngelirik2 made in Indonesia dech. :d:

Nyubi on 1 December 2009 at 09:27 said...

Thank God I'm Indonesian

Itik Bali on 1 December 2009 at 15:21 said...

:c:

Zahra Lathifa on 1 December 2009 at 15:29 said...

aku pernah ke tanggulangin yu..kwalitas ekspor lhoo, tapi semenjak kejadian lumpur pasar mereka menurun katanya..kasian ya? I love Indonesia, and love Indonesian' products as well :)

Yolizz on 2 December 2009 at 00:17 said...

heran yaahh... orang2 pada beli merk luar negeri,, padahal itu buatan indonesia,, jadi yg dibeli tuh cuma merk toohh??!!

anindyarahadi on 2 December 2009 at 22:20 said...

bangga kok... ;) :c:

Astaga.com lifestyle on the net on 18 February 2010 at 05:10 said...

memang sebenarnya banyak produk asli dalam negeri yg kualitasnya bagus namun sayang terkadang yg bagus banyak yg di ekspor sedang yg di pasarkan dlm negeri yg biasa2 kualitasnya

Anonymous said...

siapa yang bilang aku gak cinta prduk indonesia :z:.
cuma aku gak bnyak tau aja kalo banyak produk2 yg ternyata di buat oleh oarang idonesia. tuh makanya bangsa ini jangan malu u/ mempromosikan produk2 kita.

Ricko's,,,,Blogzzz.. on 22 June 2010 at 11:49 said...

Ia btul tu...
Q jg cinta produk indonesia,,,,

Seharusnya pemerintah melindungi perusahaan2 indo yang sedang bersaing ketat sakarang...

Klu mw lihat blog produk indonesia, ada di produkindonesia.blogspot.com

tapi isinya masih sedikit..

Kalau ada yang mau beri tambahan, masukkan di commentnya aja ya.

Post a Comment

Thank for dropping comment here
Please do not make spam comments
Because spam comments will be removed

Blog Archive

 

Beauty Case Copyright 2009 Fashionholic Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting