Wednesday 6 April 2011

Cara Mengatasi Insomnia


Kadang kita merasa tidak bisa tidur meski sebenarnya kita sudah sangat ngantuk. Atau kita hanya bisa tidur beberapa jam saja padahal kita sangat ingin tidur lebih lama. Tentu saja perasaan ini sangat menjengkelkan, karena tidur adalah kebutuhan utama setiap manusia untuk bisa hidup normal. Kekurangan tidur dapat menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan dan metabolism tubuh.

Setiap orang secara normal dikatakan mempunyai pola tidur yang cukup apabilan dalam seharinya memenuhi 8 jam tidur. Namun semakin usia bertambah maka secara otomatis jam tidurnya semakin berkurang seiring kesibukannya. Orang dewasa normal membutuhkan jam tidur minimal 6 jam sehari.

Para ahli mengatakan bahwa Insomnia sebenarnya bukan suatu penyakit, tetapi merupakan suatu gejala yang memiliki berbagai penyebab, seperti kelainan emosional,kelainan fisik dan pemakaian obat-obatan. Biasanya yang paling dominan adalah karena masalah psikologi dan beban pikiran yang sedang disandangnya.

Ada beberapa cara menangani masalah sulit tidur ini. Di antaranya :

1. Jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein, sebab kafein dapat meningkatkan kerja jantung dan kerja otak yang mengakibatkan sulit tidur. Seperti halnya kopi, normalnya hanya di konsumsi sehari sekali 1 cangkir. Lebih dari itu sudah menyebabkan ketidak seimbangan metabolism tubuh.

2. Perbanyaklah makan sayuran terutama yang mengandung zat besi seperti kangkung dan brokoli. Karena kedua sayuran ini dipercaya dapat memperbaiki metabolism tubuh yang mampu menenangkan pikiran.

3. Olahraga yang teratur serta penuhi gaya hidup seimbang. Jogging di pagi hari akan sangat bagus untuk meningkatkan volume pernafasan sehingga kita selalu memperoleh asupan oksigen yang cukup. Dengan demikian nutrisi darah ke otak cukup untuk memacu aktivitas sehari-hari dengan baik.

4. Jangan terlalu banyak memikirkan masalah menjelang tidur. Lupakanlah sejenak dan pejamkan mata anda dengan rileks. Percayalah bahwa setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Fokuskan anda pada waktu istirahat anda sejenak untuk kemudian bisa berpikir tenang dalam mengatasi masalah.

5. Cobalah matikan lampu. Pejamkan mata perlahan dan hypnosis diri anda memasuki dunia tidur yang nyenyak.

6.Jangan biarkan komputer, TV atau radio di sebelah anda tetap menyala. Biarkan anda dalam keheningan sehingga kualitas tidur anda bagus dan anda akan segar kembali keesokan harinya.

7. Bila anda masih saja sulit mengatasi Insomnia sebaiknya anda menghubungi dokter, psikolog atau psikiater yang mampu membantu anda.

Minum obat tidur dan obat anti depressi bukanlah jalan yang terbaik mengatasi masalah susah tidur anda, terutama jika obat-obatan itu tidak dibawah pengawasan dokter. Yang terpenting dalam mengatasi Insomnia ini adalah kemampuan anda mengendalikan masalah dalam hidup anda, karena pada dasarnya tak ada seorangpun yang hidup tanpa terbebani masalah.

8 comments on "Cara Mengatasi Insomnia"

Gaphe on 6 April 2011 at 07:36 said...

tambah satu lagi, mandi air anget pake garam, minum susu anget, badannya dirilekskan.
olahraga juga banyak membantu tuh.

Warung-Juice on 7 April 2011 at 17:24 said...

minum lemongrass tea juga bisa membantu juga

www.balinesefoods.webs.com

Bali Gokil on 11 April 2011 at 17:36 said...

Kamu niru Blog ku yah ????
kok mirib banget ..???

asuransioke on 1 May 2011 at 14:35 said...

salam nih sebut apa ya nanti gak berkenan nih sobat baikku, tip untuk menghilangkan insomnia bagus, kadang-kadang sesuatu itu dipikirkan gak bisa tidur padahal gak perlu tuh dipikiran tips 1 s.d 7 rasanya cukup pas ditambah dengan minum susu hangat nah langsung tidur d, asal jangan disengajaan in tidur kebetulan ada tugas ronda malam entar dipanggil pak RT loo....... posting bagus tik maaf rada bercanda, asyiik kan ?

Bobby vaizZ on 14 May 2011 at 07:18 said...

lohh kembali ke blognya gadis bali...:) jadi pengen kenal nih aku..hahhaha

keren juga nih infonya, semoga bisa bermanfaat bagi semuanya...

Finance Business Corner on 14 May 2011 at 07:19 said...

semoga apa yang ada di blog ini mampu membantu setiap orang yang sedang mengalami masalah akan hal tersebut..amien..

HR Giger on 25 June 2011 at 12:34 said...

Tipsnya bagus juga....makasih yah udah berbagi tips

salam kenal

Aini Sastra on 15 July 2011 at 10:01 said...

azibbbbbbbbbbbbb.. heheheh

Post a Comment

Thank for dropping comment here
Please do not make spam comments
Because spam comments will be removed

Blog Archive

 

Beauty Case Copyright 2009 Fashionholic Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting