Tuesday 18 January 2011

5 Hidden Treasure of Bali : Fakta Unik Tentang Bali


5 Hidden Treasure of Bali : Fakta Unik Tentang Bali
Bali yang terkenal sebagai Pulau Dewata memang mempunyai berbagai macam keunikan, selain pemandangan dan adat istiadat yang unik juga masyarakat Bali selalu percaya dengan apa yang mereka yakini. Meski kadang masyarakat menganggap sebagai hal-hal aneh, namun justru karena kepercayaan yang kuat dan tak mudah luntur oleh derasnya perkembangan jaman itulah yang membuat Bali menjadi unik.

1. Wanita Bali pada umumnya sangat setia pada pasangannya termasuk ketika ia harus berpindah agama sekalipun mengikuti keyakinan suaminya. Ini karena sistem paternalistik yang sangat kuat. Ketika memutuskan untuk menikah, wanita Bali sudah terikat dengan suaminya dan kewajiban orang tua maupun haknya sebagai anak di dalam keluarga telah lepas. Sepenuhnya ia menjadi tanggung jawab suami dan keluarga suaminya. Oleh karena itu wanita Bali beranggapan bahwa mengabdi pada suami adalah surganya.

2. Penduduk Bali jarang ada yang melakukan kejahatan seperti mencuri, merampok, mencopet dan sebagainya. Karena menurut mereka, melakukan kejahatan seperti itu sama saja dengan menjahati rumah sendiri, keluarga sendiri dan diri sendiri. Adanya hukum karmapala dan kepercayaan tentang reinkarnasi (kehidupan yang abadi setelah mati) membuat mereka akan berpikir 1000 kali untuk melakukan kejahatan terutama di lingkungan sendiri.

3. Di Bali kasus perceraian dan poligami sangat rendah. Ini karena mereka harus melalui serangkaian upacara yang cukup rumit bila harus melakukan perceraian. Sama saja ketika seseorang harus menikah lagi.Karena upacara pernikahan menurut agama Hindu merupakan upacara keagamaan yang cukup besar, rumit dan melibatkan semua keluarga, kerabat dan lingkungan. Keluarga besar jarang ada yang mau menggelar pesta pernikahan di keluarga untuk yang kedua kalinya untuk satu orang mempelai yang sebelumnya telah pernah menikah. Bagi mereka itu adalah peristiwa yang memalukan.

4. Sistem kasta (sudra, waisya, ksatria, brahmana) di Bali saat ini dipandang lebih kepada besar kecilnya peran dan fungsi seseorang pada pekerjaan atau pengabdiannya kepada orang banyak. Meskipun ia datang dari kasta paling rendah atau Sudra, tetapi jika dia bisa menjadi pemimpin yang baik di masyarakat maka kastanya akan terangkat dan lebih dipandang daripada kasta yang lebih tinggi namun tidak punya peran apa-apa. Kasta sudah tidak lagi menentukan kelas sosial secara kultural, tetapi lebih kepada penyesuaian struktural.

5. Hampir setiap halaman rumah orang Bali selalu ada pohon Kamboja dan berbagai macam bunga lainnya, karena kamboja adalah tanaman khas orang Bali, bunga kamboja dan bunga lainnya merupakan salah satu perangkat yang harus ada pada ritual keagamaan saat mereka melakukan sembahyang selain unsur air dan api.


Beberapa point diambil dari sumber http://berita.balihita.com

12 comments on "5 Hidden Treasure of Bali : Fakta Unik Tentang Bali"

Mulyani Adini on 18 January 2011 at 09:03 said...

Adat istiadat yang masih sangat kental dan masih dilakukan hingga sekarang.....
Saya suka Bali...sepertinya penduduknya sangat sopan...

Selamat beraktifitas

simple shoes on 18 January 2011 at 10:00 said...

hem, menarik infonya. pantes Bapak seneng banget koleksi kamboja di rumah. kbetulan bapak sy asli singaraja, tp sejak sy lahir uda hidup di jawa. mungkin itu bwt obat kangen suasana di kampung halamannya di singaraja kali ya...

attayaya_lions on 18 January 2011 at 10:50 said...

aku paling suka nomor 4

TS Frima on 18 January 2011 at 23:19 said...

hai :)
how are you guys out there?
maaf baru sempat BW..

21johan on 23 January 2011 at 08:26 said...

hem,, sisi lain yang sungguh mengagumkan dibalik keindahan pariwisata bali,, tak di pungkiri kalau bali seperti surga,, ^^

the other on 25 January 2011 at 10:32 said...

Informasi tentang masyarakat Bali... yg baru aku ketahui nih. Makasih dah sharing.

jejak langkahku on 25 January 2011 at 10:33 said...

Kok gak ada fotonya Kak Ayu yg pakai kebaya?

Kids typing games on 26 January 2011 at 19:33 said...

Yang point no 1 saya kurang setuju mbk..
Masa mau sih pindah agama(pindah Tuhan) demi cintanya pada suami..

Typing for kids on 26 January 2011 at 19:36 said...

jd mengingatkan Waktu saya studytour k bali emang banyak bgt pohon kamboja..

haris on 28 January 2011 at 22:24 said...

makasih infonya. salam kenal

Ari on 30 January 2011 at 17:04 said...

Semuanya sesuai fakta di lapangan (Bali), kalau soal nomor 3 sepertinya betul banget, mbok. Soalnya sejak kecil saya belum pernah lihat orang Bali yang cerai...

Nurul Imam on 9 March 2011 at 22:22 said...

Unik banget yah orang bali

kapan yah saya bisa main kesana ... ?

Post a Comment

Thank for dropping comment here
Please do not make spam comments
Because spam comments will be removed

Blog Archive

 

Beauty Case Copyright 2009 Fashionholic Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting