Saturday, 29 May 2010

Hati-hati Penipuan Dunia Maya


Basi banget judulnya ya?

Tapi emang begitu adanya sih, semakin canggihnya tekhnologi, semakin berkembangnya Jejaring sosial, semakin banyak kejahatan yang memanfaatkan tekhnologi ini maka semakin beragam pula modus operandi yang di pergunakan oleh penjahat-penjahat “pintar” ini.


Kalau ada ungkapan : Maling lebih pintar ketimbang Polisi, mungkin benar juga. Ketika Polisi belum lagi usai menangani kasus-kasus kejahatan yang ada, sudah banyak bermunculan kasus kejahatan baru yang lebih canggih, lebih heboh dan lebih susah terlacak.

Apalagi kalau bukan penipuan melalui dunia maya.


Kita semua tahu bahwa dunia maya selain sebagai lambang kemajuan tekhnologi yang memudahkan kita berkomunikasi antara satu dengan yang lain, ternyata melalui dunia maya pulalah berbagai macam kejahatan timbul dan banyak mendatangkan malapetaka: penipuan melalui Facebook, penculikan gadis di bawah umur melalui Facebook, pelacuran melalui Facebook dan kini mulai marak kejahatan dengan modus operadi penipuan melalui
Yahoo Messenger.

Setelah kemarin para blogger dihebohkan dengan kasus di hacknya Blog salah satu Blogger artis TOP kita si Inuel Nyun Nyun, maka baru-baru ini juga terjadi penipuan di kalangan komunitas artis sambung menyambung.

Nama artis tersebut dicatut dan dipergunakan untuk meminta sejumlah uang kepada teman-teman dekatnya.


Korbannya adalah artis Jajang C. Noer yang akun Yahoo Messenger nya dibobol passwordnya dan dipergunakan oleh orang yang tak bertanggung jawab untuk meminta sejumlah uang kepada teman-teman artis lain yang berada dalam komunitasnya.

Salah satu yang berhasil kena tipu daya penjahat dengan modus ini adalah Butet Kertarajasa.

Butet sama sekali tak menaruh curiga ketika Jajang meminta mentransfer uang sejumlah dua juta rupiah ke rekeningnya karena ATMnya patah dan ia tak bisa mengambil uang dalam waktu beberapa saat.

Namun setelah dikonfirmasi ke Yang Bersangkutan, ternyata Jajang C. Noer tak pernah meminta apapun.


Sebelum kejadian yang menimpa Jajang C. Noer, kejadian serupa juga menimpa istri sang Legendaris musisi Indonesia almarhum Chrisye, Damayanti Noor yang akunnya Yahoo Messenger nya berhasil dibobol oleh penjahat dan kemudian dipergunakan untuk meminta sejumlah uang kepada teman-temannya, dan ternyata yang menjadi salah satu korbannya adalah Jajang C. Noer sendiri sebelum akunnya berhasil di bobol.


Rupanya penjahat-penjahat semakin pintar memanfaatkan situasi dan tekhnologi dengan menciptakan modus operandi yang baru untuk melakukan aksinya. Karena itu ada baiknya kita selalu waspada dan berhati-hati terhadap segala jenis akun kita di dunia maya.

Mungkin jalan yang paling mudah ditempuh adalah dengan cara mengganti password secara berkala dengan kombinasi password yang susah untuk ditembus.


Bukan hanya untuk menghindari agar kita tidak menjadi korban penipuan, tapi juga menghindari siapa tahu nama kita yang dicatut oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan dipergunakan untuk melakukan kejahatan di dunia maya.

Ya, terutama buat siapa saja yang merasa dirinya artis :D


Foto-foto teman-teman saya dipindai dari www.kapanlagi.com



15 comments on "Hati-hati Penipuan Dunia Maya"

gooo blog on 29 May 2010 at 19:52 said...

meMaNg nggak ada yang benar2 aman di dunia ini...

kuncingnya hanyalah satu...

WASPADALAH....WASPADALAH...

keJahatan bukan hanya karena ada niat, tapi juga keSempatan....

Wawank on 29 May 2010 at 20:16 said...

Gak basi kok., postingannya brmanfaat ni.! Thanks ya!

Malam minggu dmana ni?

Rawins on 29 May 2010 at 21:08 said...

makanya kalo ada temen sms pinjem uang ga pernah aku pedulikan. penipuan juga ya..?

JHONI on 29 May 2010 at 21:47 said...

hm............harus waspada nih wkwkwkwkwkw serasa artis!!!!!

siroel on 29 May 2010 at 22:42 said...

wah, parah nih...

inge / cyber dreamer on 30 May 2010 at 00:16 said...

haiiii itik...
maap yaaaaah cantik... aku baru bisa berkunjung nie...
kemaren2 lewat hp jadi agak ribet mau taruh link
and buat follow ^^

sekali lagi maap yah ^^

infonya menarik n g akan pernah basi
karena kejahatan seperti itu akan acap kali terjadi ^^

Asop on 30 May 2010 at 00:25 said...

Pak Butet orangnya baik sekali ya... :a:

mundo_idiot on 30 May 2010 at 01:20 said...

Iya Ini sebagai Pelajaran agar tak terjadi lagi mendatang sangat menyedihkan sekali anak gadis bayak di culik kena rayuan lewat fbook ,
hMm smoga kita semua terhindar demikian itu

rizkimufty on 30 May 2010 at 08:51 said...

wah... terus uangnya yang udah ditransver gimana?? ludes....

abe on 30 May 2010 at 13:11 said...

wewh...sekarang artis jadi sasaran...mungkin kalo dulu orang2 biasa yang kena penipuan, polisi masih adem ayem, dan kalo sekarang artis...efek baiknya, polisi jadi semakin ngerti bahwa penipuan via dunia maya juga tinggi

cara mengatur keuangan on 31 May 2010 at 22:01 said...

dunia maya mmg bnyk boong nya,.....

Wiwied on 1 June 2010 at 14:00 said...

::: wihhhh serem jugah ^-^...

::: wah ini postingnya gak kalah meriah sama majalah gosip,,, hohohoho... ada bakat jurnalis nih?

::: betewe,,,, blognya tampak lucuuuuu banget ^-^

::: kangen itik bali niy,,, dateng dunk... kangeennn ^-^v

negeriads.com solusi berpromosi on 4 June 2010 at 23:06 said...

Sebenarnya kl kita hati2 ga mgkn bs kebobolan. Kl liat cerita mrk yg di atas tuh, kyknya didominasi oleh kekurang-mengertian mrk ttg internet dan sok "keren" aja kyknya shg ga sadar ketenaran mrk diincar sm org iseng.

salam,

p.s. itu foto profil sdr atau hasil copas -keren abis... :d -

amar on 10 June 2010 at 13:24 said...

saya juga pernah jadi korban. tapi gk banyak si.

Anonymous said...

penipu melalui hipnotis hp skrg mulai merajalela
salah satunya nomor hp ini 08999488228 akan memiskol2 anda
lalu ketika anda menelpon kembali.. dia akan menghipnotis.
harap aparat polisi bertindak

Post a Comment

Thank for dropping comment here
Please do not make spam comments
Because spam comments will be removed

Blog Archive

 

Beauty Case Copyright 2009 Fashionholic Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting