Wednesday 28 October 2009

Diferensiasi Mi Item



Noodle Lovers, inilah Black In News yang menggembirakan bagi pecinta kuliner. Bila anda suka menyantap mie ayam, mie goreng atau apa saja yang berbahan dasar mie mungkin sudah biasa bila anda menyantap mie kuning, mie hijau atau mie orange.

Namun kali ini Black Community menyuguhkan sesuatu hal yang berbeda, yaitu Mie Item. Sekilas, tampaknya asing di pandangan mata karena Mie ini berwarna hitam. Namun jangan salah, rasanya Yummy banget. Sekali makan pasti ketagihan.

Bicara soal mi hitam, sebenarnya di Italia sudah lama dikenal squid ink pasta yang biasanya berupa spaghetti.

Ya, spaghetti (yang kebanyakan berbentuk kering) dibuat dari tinta cumi sehingga warnanya hitam total. Minya benar-benar lentur, kenyal, gurih dan warnanya total hitam!

Mi hitam ini dapat di olah menjadi hidangan aneka rasa seperti : Cwie Mie Item, Mi Item Aglio Olio, Mi Item with Fermented Prawn, Rujak Kerupuk Mi Item, I Fu Mi Item dan Mi Item Goreng Jawa.




Mi Item with Fermented Prawn. Adalah mi hitam yang dimasak dengan Cencalok yaitu Bumbu khas peranakan Cina ini dibuat dari udang kecil (yang disebut geragau) yang difermentasi dengan air dan sedikit nasi.

Warnanya cokelat agak kemerahan (ungu), mirip terasi yang belum jadi. Di daerah Bangka ada yang mirip cencalok, dikenal dengan nama rusip. Rasa gurih yang tajam menjadi rasa dominan mi item ini.


Sedang rujak Mi Item yang dilengkapi dengan irisan tahu, mentimun hijau, dan perkedel udang plus bawang merah goreng tampil agak berbeda. Mi itemnya digoreng dahulu dan disiram dengan kuah kecap bawang, cuka dan cabai yang mirip rujak mi. Sebelum dimakan, mi item goreng perlu dimemarkan hingga terendam kuahnya.

Hmm... rasanya sangat segar dan lezat! Paduan renyah mi item, gurih, asam, pedas plus isi yang sangat komplet.


Ingin menikmatinya? Anda bisa datang ke sebuah Resto yang berada didaerah Kemang, Jakarta. Resto ini dikelola oleh Olivia Wongso yang tak lain adalah putri sang pakar kuliner dan jamuan Indonesia, William Wongso.



1 comments on "Diferensiasi Mi Item"

ALfred's blog on 28 October 2009 at 20:36 said...

wow dahsyat mbak...jadi lapar lihat artikel mbak ^-^

salam hangat
Alfred
Tentukan Tujuan Ngeblog Kita Sekarang Juga!

Post a Comment

Thank for dropping comment here
Please do not make spam comments
Because spam comments will be removed

Blog Archive

 

Beauty Case Copyright 2009 Fashionholic Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting