Tuesday 27 October 2009

Pemadam Kelaparan seharga 500 ribu






Jamur Black Truffle yang dikenal sebagai bahan makanan mewah dari Eropa biasa disajikan di restoran berbintang. Aroma tanah yang unik dan tekstur yang kenyal lembut membuat cita rasa hidangan jadi makin enak.

Ini merupakan Black In News yang cukup surprised bagi penggemar kuliner ekslusif di tanah air. Karena Black Truffle ini telah hadir di Jakarta.

Di kalangan pencinta kuliner dunia, black truffle menjadi incaran karena keunikannya dan terlebih jamur ini tak bisa setiap saat dinikmati. Black Truffle yang juga disebut Black Perigord Truffle yang terkenal memang banyak ditanam di daerah Perigord Perancis. Jamur ini diameternya 7-10 cm dan dipanen pada akhir musim gugur dan musim dingin. Karena itu disebut Winter Black Truffle.

Bentuk jamur ini sebenarnya tidak bulat rata tetapi agak bergelombang sehingga sekilas mirip tekstur batuan. Jamur ini tidak tumbuh di permukaan tanah, tetapi di dalam tanah. Tanah di bawah pohon besar seperti oak merupakan tempat hidup jamur hitam ini. Untuk memanennya tidak mudah karena tidak setiap pohon oak tanahnya berisi jamur truffle ini.

Pencarian jamur ini biasanya dilakakan dengan batuan anjing yang sudah dilatih melacak jamur atau babi. Hutan dan pedalaman dengan medan sulit, gelap biasanya menjadi tempat perburuan jamur ini. Karena itulah harga jamur ini mahal terlebih lagi tak bisa dinikmati setiap saat. Bentuknya yang bulat, warnanya hitam dan harganya mahal, membuat jamur ini dijuluki sebagai 'mutiara hitam'.

Dalam perkembangan kemudian, di Italia khususnya Alba, dan Italia Utara banyak diketemukan jamur ini. Namun, jamur truffle yang ada di kawasan ini dipanen sekitar bulan Juli hingga Oktober. Ukurannya sedikit lebih kecil, sekitar 4 cm dengana roma yang lebih lembut dari jamur truffle Prancis. Jamur ini dikenal dengan sebutan Summer Black Truffle.

Karena aromanya yang agak tajam, teksturnya kenyal lembut dan segar seperti chestnut maka summer black truffle tidak bisa dipakai dalam jumlah banyak dalam masakan biasanya diracik jamur balck truffle bersama fettucine.

Black Summer Truffle harganya cukup mahal, meskipun di dalam hidangan tidak dipakai dalam jumlah banyak. Untuk harga makanan dengan Black Summer Truffle di Scusa, berkisar Rp 150.000,00 hingga Rp 525.000,00 per porsi (belum termasuk pajak dan service).

Hmm sebuah sensasi lain selain menikmati Djarum Black




0 comments on "Pemadam Kelaparan seharga 500 ribu"

Post a Comment

Thank for dropping comment here
Please do not make spam comments
Because spam comments will be removed

Blog Archive

 

Beauty Case Copyright 2009 Fashionholic Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting